Rabu, 04 Februari 2015

Workshop Pengenalan dan Pendalaman Program HKSR Bagi Staff APM

Bukit bungkul 3-4 januari 2015. APM sebagai lembaga/ Organisasi Perempuan yang bergerak di bidang Pemberdayaan Perempuan yang mempunyai Visi atau tujuan yaitu untuk memperjuangkan terwujudnya hak-hak otonomi Perempuan yang termasuk di dalamnya  hak atas Kesehatan Reproduksi dalam kehidupan di keluarga, serta mendesak pengambilan kebijakan untuk akses yang seluas-luasnya kepada perempuan untuk meningkatkan taraf hidupnya.

APM telah bergabung sejak tahun 2012 ke dalam Konsorsium PERMAMPU Sumatera  dan telah menyusun Rencana Kerja untuk Jangka Panjang yang akan dimulai tahun 2015 ini, dimana focus program adalah Advokasi Adapun strategi utama adalah membangun Perspektif para stakeholder mengenai HKSR agar peka dan responsive Gender, serta mnegawal pelaksanaan PP 16 tahun 2014 di 8 Propinsi di Sumatera Sementara itu, disadari bahwa para Anggota pengurus dan Pelaksana APM masih kurang memahami cakupan dari HKSR, serta aturan-aturan yang mendasarinya,  baik secara lokal maupun Nasioal. Para Pengurus dan Pengawas serta Pelaksana dan Staf laang APM juga perlu belajar mengenai  berbagai Strategi yang pernah dilakukan di lapangan untuk dapat memenuhi dan melindungi HKSR perempuan dan Remaja, khususnya melalui Pengorganisasian Perempuan di kelompok akar rumput. Metode pendidikan Kritis serta berjaringan juga menjadi salah satu area penting yang harus dipahami oleh pengurus dan Pelaksan APM disamping penguatan perspektif Gender.
Oleh karena itu, APM yang sudah bergabung di PERMAMPU akan mengadakan Pelatihan pengenalan dan Pendalaman Program HKSR selama 2 hari, yang diharapkan dapat menjawab permasalahan diatas dan akan difasilitasi oleh 2 orang fasilitator yaitu Direktur dan Manager APM
Tujuan pelatihan ini adalah meningkatkan pengetahuan seluruh peserta mengenai cakupan Hak-hak Kesehatan Seksual & Reproduksi, Kebijakan mengenai Kesehatan & HKSR, serta berbagai strategi Advokasi kebijakan dan Pendidikan kritis stakeholder.
Peserta dari pelatihan ini adalah 2 orang badan Pengawas & 2 orang badan pengurus, 8 orang Tim management dan 4 orang ketua Divisi APM, selain menjadi peserta juga akan membantu menjadi pelaksana kegiatan ini.
Pelatihan  ini akan dibuka secara langsung oleh Bapak suratman selaku Kepala Desa Bukit Bungkul.
Pelaksana Pelatihan adalah APM, dengan Khoirul Azis sebagai panitia, dan 1 Notulis (Rinawati). Pelatihan ini didanai oleh MAMPU/AUSAID, sebagai pendonor dana PERMAMPU.
Dengan demikian jumlah seluruh peserta adalah 16 orang, 2 fasilitator (sualjimah: Direktur Program dan Tundung Hastuti Koordinator Program), 1 Panitia, dengan total: 19 orang.

1 komentar: